SILABUS
Nama Sekolah : Sekolah Kristen Makedonia
Mata pelajaran : Pendidikan Agama Kristen
Tahun Pelajaran :
Kelas/ Semester :
Standar Kompetensi:
Kompetensi Dasar :
Standar Kompetensi
|
Materi
Pokok
|
Pengalaman Belajar
|
Indikator
|
Pengetahuan
Karakter Bangsa
|
Alokasi Waktu
|
Strategi/
Metode
|
Alat
Peraga
|
Sumber
Belajar
|
Penilaian
| ||
Teknik Penilaian
| |||||||||||
Nama Sekolah : Sekolah Kristen Makedonia
Mata pelajaran : Pendidikan Agama Kristen
Tahun Pelajaran :
Kelas/ Semester : X/I
Standar Kompetensi:Mewujudkan nilai-nilai Kristiani dalam pergaulan antar pribadi dan kehidupan sosial dengan menunjukkan
bahwa sebagai pribadi dewasa yang tidak kehilangan identitas.
Kompetensi Dasar : 1. Mengalami proses pertumbuhan sebagai pribadi yang dewasa memiliki karakter yang kokoh dengan pola
pikir yang komprehensif dalam segala aspek.
2. Mengidentifikasi berbagai pergumulan dalam keluarga dalam kaitan dengan pengaruh modernisasi
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
1.1. Mengalami proses pertumbuhan sebagai pribadi yang dewasa memiliki karakter yang kokoh dengan pola pikir yang komprehensif dalam segala aspek.
|
Ø Siswa dapat menuliskan definisi bertumbuh dewasa
Ø Siswa dapat menuliskan ciri-ciri bertumbuh menjadi pribadi dewasa
Ø Siswa dapat menyadari pentingnya menjadi pribadai yang dewasa
Ø Siswa dapat mendaftarkan karakter yang kokoh
Ø Siswa dapat membedakan karakter yang baik
Ø Siswa dapat menuliskan karakter yang buruk
Ø Siswa dapat membiasakan diri memiliki karakter yang baik dalam tindakkan dilingkungannya dengan membuang sampah pada tempatnya
Ø Siswa dapat mendefinisikan menurut pandangannya bagaimana berpikir komprehensif
Ø Siswa dapat mencirikan bagaimana berpikir secara komprehensif
Ø Siswa dapat memilih cara berpikir komprenhensif
|
1.2. Mengidentifikasi berbagai pergumulan dalam keluarga dalam kaitan dengan pengaruh modernisasi
|
Ø Siswa dapat menuliskan pergumulannya sendiri mengenai pendidikan
Ø Siswa dapat menuliskan pergumulan yang ada dalam keluarga mereka
Ø Siswa dapat mengatasi pergumulan kehidupan mereka
Ø Siswa dapat menyebutkan pengaruh modernisasi yang sedang terjadi sekarang ini
Ø Siswa dapat memilih modernisasi yang bagaimana yang dapat diikuti
Ø Siswa menuliskan beberapa cara mengatasi pengaruh modernisasi
Ø
|
Nama Sekolah : Sekolah Kristen Makedonia
Mata pelajaran : Pendidikan Agama Kristen
Tahun Pelajaran :
Kelas/ Semester : X/2
Standar Kompetensi: Mewujudkan nilai-nilai Kristiani dalam pergaulan antar pribadi dana kehidupan social dengan menunjukkan bahwa remaja Kristen bertumbuh sebagai pribadi dewasa yang tidak kehilangan identitas.
Kompetensi Dasar : 1. Mengidentifikasi berbagai pergumulan dalam keluarga serta kaitannya dengan pengaruh modernisasi
2. Menjelaskan makna kebersamaan dengan orang lain tanpa kehilangan identitas
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Mengidentifikasi berbagai pergumulan dalam keluarga serta kaitannya dengan pengaruh modernisasi
| |
Menjelaskan makna kebersamaan dengan orang lain tanpa kehilangan identitas
|
Nama Sekolah : Sekolah Kristen Makedonia
Mata pelajaran : Pendidikan Agama Kristen
Tahun Pelajaran :
Kelas/ Semester : XI/I
Standar Kompetensi: Merespon nilai-nilai Kristiani yang diperhadapkan dengan gaya hidup modern serta perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) dan menjelaskan cara mewujudkannya dalam kehidupan sehari-hari
Kompetensi Dasar :1. Mengidentifikasikan dan mewujudkan nilai-nilai Kristiani
2. Mewujudkan nilai-nilai Kristiani dalam pergaulan antar pribadi dan sosial
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Mengidentifikasikan dan mewujudkan nilai-nilai Kristiani
| |
Mewujudkan nilai-nilai Kristiani dalam pergaulan antar pribadi dan sosial
|
Kelas/ Semester : XI/II
Standar Kompetensi:
Kompetensi Dasar :
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Mewujudkan nilai-nilai Kristiani yang di dalam menghadapi gaya hidup modern
| |
Memahami dan bersikap kritis terhadap perkembangan budaya seerta ilmu pengetahuan dan teknologi.
|
Nama Sekolah : Sekolah Kristen Makedonia
Mata pelajaran : Pendidikan Agama Kristen
Tahun Pelajaran :
Kelas/ Semester : XII/I
Standar Kompetensi:bertanggung jawab sebagai orang Kristen dalam perannya sebagai warga Gereja dalam mewujudkan nilai-nilai demokrasi dan HAM, khususnya dalam tindakan sebagai pembawa kabar baik dan damai sejahtera.
Kompetensi Dasar : 1. Menjelaskan gereja dan perannya sebagai institusi social dan berbagai persekutuan orang percaya di tengah
tantangan kehidupan masa kini.
2. Bersikap kritis terhadap peran agama dalam masyarakat
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Menjelaskan gereja dan perannya sebagai institusi sosial dan berbagai persekutuan orang percaya di tengah tantangan kehidupan masa kini.
| |
Bersikap kritis terhadap peran agama dalam masyarakat
|
Kelas/ Semester : XII/I
Standar Kompetensi: Bertanggung jawab sebagai orang Kristen dalam perannya sebagai warga Gereja dalam mewujudkan nilai-nilai demokrasi dan HAM, khususnya dalam tindakan sebagai pembawa kabar bail dan damai sejahtera.
Kompetensi Dasar :1. Menjelaskan gereja dan perannya sebagai institusi social dan berbagai persekutuan orang percaya di tengah tantangan kehidupan masa kini.
2. Bersikap kritis terhadap peran agama dalam masyarakat
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Menjelaskan gereja dan perannya sebagai institusi social dan berbagai persekutuan orang percaya di tengah tantangan kehidupan masa kini.
| |
Bersikap kritis terhadap peran agama dalam masyarakat
|
Kelas/ Semester : XII/II
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Bersikap kritis terhadap nilai-nilai demokrasi dan HAM dalam hidupnya
| |
Mewujudkan perannya sebagai pembawa kabar baik dan damai sejahtera secara pribadi dan komunitas
|
Tujuan dan fungsi PAK
1. Tujuan PAK
a. Memperkenalkan Allah Bapa, Anak dan Roh Kudus dan Karya-karya-Nya agar peserta didk bertumbuh iman percayanya dan meneladani Allah Tritunggal dalam hidupnya
b. Menanamkan pemahaman tantang Allah dan karya-Nya kepada peserta didik, sehingga mapu memahami dan menghayatinya.
c. Menghasilkan manusia Indonesia yang mampu menghayati imannya secara bertanggung jawab serta berakhlak mulia di tengah masyarakat yang pluralistik.
2. Funggsi
a. Memampukan peserta didik memahami kasih dan karya Allah dalam kehidupan sehari-hari
b. Membantu peserta didik mentranformasikan nilai-nilai kristiani dalam kehidupan sehari-hari.
3. Ruang Lingkup (SMA)
1. Allah Tritunggal dan karya-Nya
2. Nilai-nilai kristiani.
No comments:
Post a Comment